BLANTERORBITv102

7 Linux yang Paling Banyak Digunakan

Senin, 27 Desember 2021

7 Linux yang Paling Banyak Digunakan

Siapa yang tahu cara kerja linux dalam mengoperasikan komputer? Tentunya semua tahu jelas tentang kinerjanya, sebab sudah banyak sekali yang mengoperasikan komputer dengan linux. Namun, sudah tahukah jenis linux yang paling banyak digunakan?

Sebelum membahas jenis linux tersebut, ketahui dulu bahwa linux merupakan  sistem operasi open source yang bisa dengan bebas digunakan oleh siapa pun. Keterangan tersebut merupakan gagasan Linus Torvalds yang merupakan pencipta program komputer di balik sistem operasi linux.

7 Daftar Linux yang Paling Banyak Digunakan


Linux merupakan sistem operasi yang tidak berbeda seperti windows atau mac OS ketika menjalankan fungsinya. Misalnya seperti browsing dan coding atau mengetik, kan tetapi memiliki perbedaan pada bagian sistem operasi.

Awalnya pengembang distro linux merupakan sebuah komunitas yang memiliki resource pengembangan. Komunitas tersebut berada di bawah GNU License, itulah mengapa sistem operasi linux berkembang menjadi turunan distro linux. 

Sistem operasi ini akhirnya dapat dibagikan kepada khalayak banyak secara peecuma. Meskipun bukan hal asing lagi, akan tetapi masih ada saja orang yang enggan memakai linux. Alasannya sangat klasik, karena sudah nyaman dengan sistem lain.

Apabila masih bingung harus mencoba sistem linux yang mana, silakan simak  beberapa linux yang paling banyak digunakan berikut:

1. Backtrack

Melihat namanya seperti yang menyeramkan ya, eits tapi situs resmi dari Backtrack jauh lebih seram lho. Desain sistem ini menggunakan warna hitam sebagai warnanya, sehingga menciptakan kesan garang. 

Kenapa sih, Backtrack memiliki banyak penggunanya? Alasannya adalah tidak lain karena Backtrack sudah dilengkapi oleh tools untuk kepentingan hacking yang mumpuni. Jadi, tidak heran lagi jika seluruh hacker menggunakan sistem ini untuk melakukan aksinya. 

Hacker yang dimaksud adalah hacker yang baik ya. Sebab memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada pemilik sistem bahwa ada  software yang lemah agar segera dipakai. Selain itu, Backtrack juga  dapat dimanfaatkan untuk menguji suatu situs.  Apakah memiliki pertahanan yang baik atau belum. 

2. Ubuntu

Dapat dikatakan bahwa Ubuntu merupakan kakek buyut dari Linux. Sebab, Ubuntu hadir cukup lama di pasaran, bersama dengan Fedora dan Debian. Meskipun ketiganya hadir secara bersamaan, namun ternyata nama Ubuntu masih terdengar awam. 

Padahal sistem linus ini sudah mempunyai interface yang sangat user friendly atau dalam kata lain mudah digunakan meski oleh pemula. Sebab, memiliki tujuan agar bisa menyaingi Windows yang hingga saat ini digemari masyarakat.

Pada saat Windows hangat menjadi perbincangan karena banyak sekali virus yang menyerang. Saat itu pula lah Ubuntu hadir dengan menawarkan sistem keamanan yang lebih kuat.

3. Manjaro Linux

Sistem linux ini diambil dari basis  Arch Linux dan menjadi linux distro turunannya. Manjaro Linux juga merupakan sebuah distro linux baru yang diciptakan oleh komunitas Austria, France and Germany. Untuk varian OS hanya menggunakan desktop menggunakan Arch Linux, Xfce dan KDE.

4. Linux Mint

Masuk dalam kategori sistem linux yang memiliki banyak pengguna, hingga saat ini Linux Mint sudah berhasil merilis 12 versi. Baru-baru ini pun beredar kabar bahwa Linux Mint mampu mengalahkan Ubuntu sebagai distro nomor 1 yang sudah bertahan beberapa tahun terakhir. 

Kelebihan sistem ini adalah dapat menciptakan hasil yang memuaskan. Semua hardware dapat berjalan dengan baik ketika menggunakan Linux Mint 11. Misalnya seperti modem, Printer dan USB bisa terbaca dengan mudah tanpa membutuhkan bantuan software bawaan hardware. 

Tampilan yang diciptakan sangat user friendly, sehingga siapapun yang akan mencobanya akan dengan mudah memahami. Artinya, hanya membutuhkan keterampilan lebih tentang terminal, sehingga bisa langsung menjalankan hardware. 

5. MX Linux

Diambil dari basis Debian yang dikerjakan oleh komunitas Greece dan USA dengan dinaungi oleh antiX dan MEPIS. MX Linux adalah turunan distro linux yang dibuat untuk versi Desktop.

6. Debian

Sistem distro linux ini sudah lama ada sejak hadirnya sistem operasi linux. Debian sendiri merupakan Debian sistem yang diambil dari basis Independen. Seringnya varian versi dekstop yang digunakan oleh distro linux Debian.

7. Elementary OS

Distro linux ini diciptakan dari sistem Ubuntu dan Debian yang masih belum lama hadir. Tampilan Elementary OS ini user experience yang elegan dan simpel. Distro linux ini hanya memiliki satu versi desktop saja.

Itulah 7 linux yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Sudahkah tertarik atau mencoba untuk menggunakannya? Jika iya sebaiknya pilih salah satu rekomendasi di atas ya. Selamat mencoba! 



Author

Slamet Junianto

Content Writer, SEO & Digital Marketer