BLANTERORBITv102

Android Tidak Bisa Terbaca di Linux ? Ini Caranya !

Jumat, 26 November 2021
Cara Memperbaiki Android Tidak Bisa Terbaca di Linux

Salah satu kendala menggunakan sistem operasi linux ada ketika ingin menyambungkan dengan ponsel Android. Misalnya saja terkait Android tidak bisa terbaca di linux. Tidak semua linux mampu membaca usb maupun perangkat yang terhubung dengan sistem operasi yang satu ini. Sebenarnya sudah terbaca, namun Anda mungkin belum tahu cara mounting partisi yang terhubung ke linux.

Apalagi untuk pengguna linux yang masih pemula, tentu belum menjelajahi semua sistem dan keterkaitan partisi yang ada pada konsep linux. Menyambungkan Android dengan perangkat yang menggunakan sistem operasi linux ini tentu ada banyak tujuan. Misalnya saja untuk melakukan file transfer, melakukan flashing atau sekedar berbagai sambungan internet dan tampilan layar.

Namun jika sudah mengkoneksikan perangkat linux dengan Android tentu pada sebagian linux memang tidak terbaca. Dan bahkan setelah meyalakan usb debugging di Android pun juga tidak akan terbaca pada sistem operasi linux. Kalau Anda sudah lihai menggunakan linux, mungkin bisa menggunakan terminal dan cek apakah partisi yang tersambung sudah mounting atau belum. Jika belum lakukan mount pada partisi yang terhubung.

Tapi linux ini memang unik dan mengandalkan perintah command line untuk menjalankan semua programnya, walaupun ada sebagian yang bersifat GUI, tapi tetap sebagian besar distro linux mengandalkan teknik pada command line.

Cara Memperbaiki Android Tidak Bisa Terbaca di Linux

Cara Memperbaiki Android Tidak Bisa Terbaca di Linux

Sebagai contoh kasus saya juga telah mengalami android tidak bisa terbaca di linux lite yang beberapa waktu saya install di laptop versi jadul. Untuk mengatasi hal ini saya menggunakan teknik paling mudah dengan menginstall Android File Transfer linux. Untuk menggunakan aplikasi yang satu ini caranya cukup mudah, cukup sambungkan saja android dengan komputer linux, kemudian file transfer akan mendeteksinya secara otomatis. Ini berlaku jika di dalam linux Anda sudah ada tools Android File Transfer.

Jika belum menginstall Android File Transfer, langsung buka command line linux dan lakukan perintah di bawah ini, Untuk menjalankan perintahnya tekan saja enter.

$ sudo add-apt-repository "deb http://ppa.launchpad.net/samoilov-lex/aftl-stable/ubuntu artful main"
$ sudo apt update
$ sudo apt install android-file-transfer
Kemudian tekan saja "Y" untuk melakukan konfirmasi penginstallan. Setelah terinstall lakukan penyambungan Android dengan kabel USB sebagai pengetesan. Jangan lupa untuk menyalakan debugging pada developer mode  Android.


Author

Slamet Junianto

Content Writer, SEO & Digital Marketer